Laboratorium dan Bengkel Program Studi Teknik Listrik

1.BENGKEL MEKANIK

Kegiatan praktikum bengkel mekanik merupakan suatu praktikum yang sangat penting untuk para mahasiswa di semester satu ini. Di dalam bengkel mekanik ini, mahasiswa diperkenalkan kepada seluk-beluk mekanik, kemudian mahasiswa juga dapat memperagakan, menggunakan, serta mengaplikasikan peralatan kerja secara langsung sesuai dengan fungsinya, yang digunakan untuk menghasilkan benda kerja yang diinginkan.
Ruang Gedung G1 – Lantai 1
Kepala Bengkel Ir. Dedi Erawadi.,M.Kom
PLP / Teknisi Aldisyah Halim Putra,Amd

Hendrison

2.LABORATORIUM MIKROKONTROLER & KOMPUTER

Laboratorium ini mengkhususkan diri pada bidang pengaplikasian sistem minimum mikrokontroller baik secara teori maupun aplikasinya dalam bidang kontrol atau pada bidang elektronika umumnya. Untuk dapat memenuhi kebutuhan segala penelitian dan percobaan dalam laboratorium ini terdapat beberapa fasilitas yang cukup memadai sehingga Laboratorium Mikroprosesor dan Komputer ini dapat menjadi salah satu laboratorium yang dapat menjadi tempat bagi mahasiswa dalam menuangkan ide, membentuk kecakapan sosial, juga membentuk kecakapan profesional dalam bidang pengaplikasian sistem minimum mikrokontroller baik secara teori maupun aplikasinya.
Ruang Gedung G1 – Lantai 1
Kepala Laboratorium Drs. Roswaldi, SST.,M.Kom
PLP / Teknisi Lenny Novi Hendri.,AMd

 

3.BENGKEL M & R

Bengkel Perawatan dan Perbaikan  merupakan bengkel yang ada di jurusan Teknin Elektro, prodi teknik listrik, Politeknik Negeri Padang. Bengkel ini digunakan untuk perawatan dan perbaikan seperti motor listrik, AC,kulkas dll. Untuk menunjang fungsi dari laboratorium maka dilengkapi dengan fasilitas penunjang perkuliahan seperti LCD Proyektor, kursi, meja, PC, CPU, dan Tool Set Mekanik
Ruang Gedung G1 – Lantai 1
Kepala Bengkel Ir. Dedi Erawadi.,M.Kom
PLP / Teknisi Yuhaidizen, A.Md

Adriandi

4.LABORATORIUM KENDALI

Laboratorium ini mengembangkan bidang keilmuan sistem kontrol dan otomasi, dimana secara reguler melayani praktikum mahasiswa untuk program studi Teknik Listrik(D3). Disamping itu juga melayani instansi dan masyarakat umum lainnya yang ingin mempelajari lebih jauh tentang sistem kontrol & otomasi, biasanya dalam bentuk pelatihan terpadu dan kursus-kursus singkat.  Dengan ruang yang cukup luas, dilengkapi AC dan sirkulasi udara serta fasilitas penunjang perkuliahan seperti LCD, White Board,  Alat & Bahan Praktikum, Komputer, Meja dan Kursi Perkuliahan membuat mahasiswa dan dosen nyaman dalam beraktifitas. Adapun materi yang diberikan di laboratorium ini antara lain ; PLC, Electro Pneumatik, Mikrokontroler, Pengaturan Otomatis, Sistem Kendali dan Pengendali Cerdas.
Ruang Gedung G1 – Lantai 1
Kepala Laboratorium Drs. Roswaldi,SST.,M.Kom
PLP / Teknisi Lenny Novi Hendri.,A.Md

5.LABORATORIUM MESIN ARUS SEARAH & MESIN BOLAK BALIK

Laboratorium ini digunakan untuk mengembangkan hard skill mahasiswa dalam mesin arus searah dan bolak balik, selain itu juga digunakan dalam pengembangan riset yang dilakukan oleh mahasiswa ataupun dosen, baik pengembangan kompetensi maupun untuk kompetisi.  Laboraturium dilengkapi AC dan sirkulasi udara serta fasilitas penunjang perkuliahan seperti LCD Proyektor, White Board,  Alat & Bahan Praktikum, Meja dan Kursi Perkuliahan, kotak P3K membuat mahasiswa dan dosen nyaman dalam beraktifitas. 
Ruang Gedung G1 – Lantai 1
Kepala Bengkel Drs. Roswaldi, SST.,M.Kom
PLP / Teknisi Jasmi.,ST

Alno Fendri.,ST

 

6.LABORATORIUM INSTALASI TENAGA DAN DISTRIBUSI

Laboratorium ini digunakan untuk mengembangkan hard skill mahasiswa dalam distribusi listrik, selain itu juga digunakan dalam pengembangan riset yang dilakukan oleh mahasiswa ataupun dosen, baik pengembangan kompetensi maupun untuk kompetisi. Laboraturium dilengkapi AC dan sirkulasi udara serta fasilitas penunjang perkuliahan seperti LCD Proyektor, White Board,  Alat & Bahan Praktikum, Meja dan Kursi Perkuliahan, kotak P3K membuat mahasiswa dan dosen nyaman dalam beraktifitas. 
Ruang Gedung G1 – Lantai 1
Kepala Bengkel Firmansyah,ST.,MT
PLP / Teknisi Fitriadi,ST.,MT

 

7.BENGKEL PERANCANGAN INSTALASI

Laboratorium ini digunakan untuk mengembangkan hard skill mahasiswa dalam perancangan instalasi listrik, selain itu juga digunakan dalam pengembangan riset yang dilakukan oleh mahasiswa ataupun dosen, baik pengembangan kompetensi maupun untuk kompetisi. Laboraturium ini memiliki daya tampung 30-35 orang mahasiswa, sirkulasi udara serta fasilitas penunjang perkuliahan seperti LCD Proyektor, White Board,  Alat & Bahan Praktikum, Meja dan Kursi Perkuliahan, kotak P3K membuat mahasiswa dan dosen nyaman dalam beraktifitas. 
Ruang Gedung G1 – Lantai 1
Kepala Bengkel Ir. Dedi Erawadi.,M.Kom
PLP / Teknisi Aldisyah Halim Putra,Amd

Hendrison

8.LABORATORIUM INSTALASI LISTRIK

Laboraturium ini digunakan untuk mengembangkan hard skill mahasiswa dalam distribusi dan instalasi listrik, selain itu juga digunakan dalam pengembangan riset yang dilakukan oleh mahasiswa ataupun dosen, baik pengembangan kompetensi maupun untuk kompetisi.  Laboraturium dengan daya tampung sekitar 30-35 mahasiswa, dilengkapi AC dan sirkulasi udara serta fasilitas penunjang perkuliahan seperti LCD Proyektor, White Board, Alat & Bahan Praktikum, Meja dan Kursi Perkuliahan, kotak P3K membuat mahasiswa dan dosen nyaman dalam beraktifitas. 
Ruang Gedung G1 – Lantai 1
Kepala Bengkel Firmansyah,ST.,MT
PLP / Teknisi Fitriadi,ST.,MT