Liputan Kegiatan Workshop Robotika HIMA Teknik Elektro Politeknik Negeri Padang

Kegiatan Workshop Robotika Politeknik Negeri Padang telah berlangsung pada tanggal 25 April 2018. Kegiatan ini dihadiri oleh Ketua HIMA Elektro PNP  sekaligus Ketua Panitia Bapak Aprinal Adilla.,SST.,M.Kom, dan peserta workshop sebanyak 40 orang yang terdiri dari berbagai program studi. Sebelum kegiatan dimulai, para panitia, tim robotik dan ketua panitia melakukan berbagai persiapan persiapan  agar acara berjalan lancar dan sesuai dengan yang sudah direncanakan. Kegiatan dimulai pada pukul 08.00 WIB. Kegiatan pertama yang dilakukan adalah acara pembukaan.  Acara pembukaan terdiri dari kata sambutan dari Ketua Panitia, sekaligus dibukanya kegiatan workshop. Acara pembukaan diakhiri oleh do’a dan ramah tamah. Setelah acara pembukaan, kegiatan selanjutnya adalah penyampaian materi yang diberikan oleh Bapak Firdaus.,ST.,MT sebagai ketua UKM Robotik PNP. Materi-materi yang disampaikan terdiri dari Pengenalan Mikrokontroler Arduino, Digital Input-Output, Pulse Width Modulation (PWM) Analog-to-Digital Converter (ADC) dan serial.

Pada workshop  ini Pak Firdaus menjelaskan tentang apa itu mikrokontroler dan fungsi dari mikrokontroler arduino, Digital Input-Output dan PWM, selain itu beliau juga menjelaskan bagaimana cara memprogram sebuah mikrokontroler arduino dan fungsi dari bahasa program yang digunakan.

Pada workshop ini peserta tidak hanya melihat ataupun mendengar apa yang disampaikan oleh pemateri namun juga berperan aktif dengan mencoba mensimulasikan apa yang sudah dijelaskan oleh pemateri. Kegiatan selesai tepat pukul 16.00 WIB. Selesai kegiatan workshop para peserta maupun panitia berfoto bersama dan pulang ke rumah masing-masing.