Workshop persiapan pembelajaran berbasis Project Based Learning dari dunia kerja Prodi Teknik Elektronika

Sabtu 13/11/2022 – Program Studi Teknik Elektronika Jurusan Teknik Elektro melaksanakan Workshop persiapan pembelajaran berbasis Project Based Learning dari dunia kerja  dilaksanakan 2 hari yaitu tanggal 12 dan 13 November 2022. Kegiatan ini merupakan rangkaian pelaksanaan program Competitive Fund (CF) program studi sarjana terapan Teknik Elektronika,  dengan narasumber Sudra Irawan.,M.Sc (PoliBatam) dan Zulfikar (Difa Digital) yang dihadiri oleh Dosen dan PLP.

Kegiatan ini dibuka langsung oleh Wakil Direktur I Revalin Herdianto, ST., M.Sc., Ph.D. kemudian dilanjutkan dengan paparan oleh Bapak Zulfikar dari Dunia Industri (Difa Digital) yang diawali dengan pemaparan perkembangan alat ukur dan instrumentasi khususnya timbangan pada era revolusi industri 4.0. Saat ini komponen pada timbangan telah menggunakan teknologi SMD dan digunakan pada bidang kesehatan dan industri. Selain itu keahlian untuk perbaikan dan kalibrasi timbangan juga sangat dibutuhkan. Kemudian dilanjutkan pemaparan oleh Bapak Sudra Irawan (PoliBatam) tentang Implementasi Teknis Penerapan Project Based Learning yang terdiri dari Konsep Dasar PBL, Penyusunan Kurikulum dengan Model PBL, Perangkat pembelajaran berbasis project (RPS, RPP, Rubrik Penilaian), Penyusunan modul pembelajarn berbasis project dan Penjaminan mutu pembelajaran berbasis project.

Harapan dari rangkaian kegiatan workshop ini yaitu dapat mengembangkan pengetahuan terkait pembelajaran dengan metode Project-Based Learning (PBL) dan bisa membawa Prodi Teknik Elektronika  semakin berkembang dan berdampak postif di dunia pendidikan di Indonesia.